Masa Pandemi Covid-19, PC IBI Kota Cirebon Luncurkan Layanan Halobid

Masa Pandemi Covid-19, PC IBI Kota Cirebon Luncurkan Layanan Halobid

CIREBON - Sebagai sarana inovasi berbasis online di masa pandemi Covid-19, Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia (PC IBI) Kota Cirebon meluncurkan layanan Halobid.

Halobid ini merupakan layanan konsultasi berbasis online untuk masyarakat terkait kehamilan serta persalinan, kesehatan anak, reproduksi dan KB, juga tumbuh kembang anak.

Halobid diluncurkan langsung oleh Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati di salah satu hotel Jalan Wahidin, Kota Cirebon, Selasa (17/11).

Baca juga:

Kapolda Metro Jaya dan Jabar Dicopot, Penggantinya Wong Dermayu

19 Karyawannya Positif Corona, Apotek dan Toko Alkes di Kota Cirebon Ditutup Sementara

Edan! Giliran Ayah Kandung Perkosa Anaknya Sendiri hingga Hamil

“Karena pasien dan bidan tidak bisa memberikan layanan tatap muka di masa pandemi ini, maka layanan Halobid ini merupakan layanan online yang tepat untuk berkonsultasi. Bidan merupakan garda terdepan dalam memberikan layanan terhadap masyarakat, maka itu kami Pemkot Cirebon sangat mendukung sekali layanan Halobid ini,\" kata Eti.

Eti menuturkan, ada 600 lebih bidan di Kota Cirebon. Kehadiran bidan sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

\"Jadi, bidan sangat dibutuhkan, terutama bagi ibu hamil yang memerlukan konsultasi agar persalinannya lancar,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (kadinkes) Kota Cirebon Eddy Sugiarto mengatakan, Halobid ini merupakan terobosan bagi para bidan untuk memberikan layanan kesehatan ibu dan anak secara online.

\"Jadi, bidan dengan masyarakat memberikan layanan konsultasi secara online. Kalau untuk tindakan melahirkan itu tetap dilakukan di rumah sakit, puskesmas ataupun di Poned,\" katanya.

Dokter Eddy menyebutkan, sebanyak 8 konsoler dari ikatan bidan yang bertugas selama 24 jam setiap hari.

\"Tercatat sebanyak 697 bidan konsoler, tapi yang aktif aplikasi konsoler ini hanya 6 bidan yang 24 jam,\" sebutnya. (rdh)

https://youtu.be/p2lL4yNTEgo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: